Sunday, October 5, 2014

Al-Quran Adalah Sumber Keberkahan




عن عُثْمَانَ بنِ عَفّانَ أَنّ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم قالَ: «خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلّمَ القُرْآنَ وَعَلّمَهُ» رواه البخاري

Dari Utsman bin ‘affan radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,” Sebaik-baiknya kamu adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR Bukhari)

1. Rosulullah saw setelah menerima wahyu Al-Qur’an menjadi orang yang paling berkah, paling baik, paling mulia, paling bahagia, paling sukses, pemimpin para nabi dan para rasul. Akhlak Rasul saw adalah Al-Qur’an. Padahal sebelum menerima wahyu Al-Qur’an beliau disebut dalam surat Ad-Dhuha dengan ungkapan dhaal (bingung). [وَوَجَدَكَ ضَالًّا فَهَدَىٰ]

2. Para sahabat adalah generasi terbaik karena interaksi mereka dengan Al-Qur’an, bahkan disebut generasi Al-Qur’an.

3. Individu, keluarga, masyarakat dan bangsa yang terbaik adalah mereka yang beriman dan berinteraksi dengan Al-Qur’an mulai dari belajar, membaca, memahami, menghafal, mengamalkan, mengajarkan, menjadikan akhlak dan menjadikan Al-Qur’an pedoman dalam kehidupan mereka.

4. Individu, keluarga, masyarakat dan bangsa yang paling buruk, paling sengsara dan paling sesat adalah mereka yang tidak beriman dengan Al-Qur’an dan tidak berinteraksi dengannya.

5. Al-Qur’an menggambarkan orang yang tidak beriman dengan Al-Qur’an, tidak berinteraksi dengannya dan tidak menjadikannya pedoman seperti binatang bahkan lebih sesat lagi (7: 179).  Langkahnya kacau seperti orang yang berjalan dengan kepalanya (67:22), dan hidupnya  paling sempit dan sengsara (20:124).

6. Lembaga pendidikan dan sekolah terbaik manakala ada proses belajar dan mengajar Al-Qur’an, baik membaca Al-Qur’an, memahami atau tafsir Al-Qur’an, ilmu Al-Qur’an dan yang sesuai dengan Al-Qur’an. Sebaliknya lembaga pendidikan dan sekolah yang terburuk adalah yang tidak ada proses belajar dan mengajar Al-Qur’an.

7. Al-Qur’an sumber segala sesuatu,  Al-Qur’an sumber hidayah, sumber kebenaran, sumber ilmu pengetahuan, sumber kebaikan, sumber keindahan, sumber keberkahan, sumber kesuksesan dan sumber kebahagiaan.

8. Umat akhir zaman ini tidak akan baik kecuali dengan mengikuti kebaikan umat pada generasi awal. Rahasianya  menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup mereka.

9. Alhamdulillah sekarang sudah banyak lembaga Al-Qur’an, sekolah dan pesantren yang mengajarkan Al-Qur’an, masyarakat yang belajar  Al-Qur’an.

10. Langkah berikutnya menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan individu, keluarga, masyarakat dan bangsa.

11.  Muhammad Mursi adalah satu-satunya presiden yang hafal Al-Qur’an di abad modern dan akan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman di negara Mesir, namun dengan konspirasi orang-orang kafir, munafik dan sekuler beliau dikudeta. Allah Ta’ala berfirman: “Mereka ingin hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, dan Allah tetap menyempurnakan cahaya-Nya meskipun orang-orang kafir benci” (QS As-Shaff 8).

12. Cahaya Allah, yaitu Islam atau Al-Qur’an tidak mungkin dipadamkan oleh orang kafir, bagaimana mungkin mereka memadamkan cahaya Allah, memadamkan cahaya matahari dan bulan saja tidak mungkin. Dan cahaya Allah itu akan disempurnakan oleh Allah langsung. Siapakah diantara kita yang mau ikut dan siap menjadi bagian dari proyek menyempurnakan cahaya Allah tersebut ?


Iman Santoso, Lc. MA
Pengasuh Pesantren Al-Qur’an Nurhasanat Karawang

0 comments: