Saturday, October 10, 2020

Sistem Kontrol

Manifestasi dari proses panjang tarbiyah/pendidikan yang dilalui seseorang adalah adanya perbaikan terhadap pemahaman dan cara pandangnya, yang mana dari keduanya akan membentuk akhlak yang semakin baik pula. Poin-poin tersebut juga termaktub di dalam muwashofat muslim yang menjadi rujukan atau output dari suatu proses panjang yang didesain.

Jikalau ditemukan satu, dua, bahkan lebih orang yang ditarbiyah sejak lama tapi ternyata tidak mencerminkan pribadi yang sesuai dengan muwashofat muslim, maka jangan buru-buru menjustifikasi, check it.

Ibarat dalam suatu sistem kontrol, sistem tersebut harus mampu membuat process/controlled variable (proses tarbiyah) sesuai dengan set point (muwashofat muslim) sehingga output nya tercapai. 

Jika ternyata ditemukan output yang berbeda dengan set point, maka jangan langsung menyalahkan sistem kontrol itu, bisa saja ada kekeliruan dari controlled variable, bisa saja ada error yang terjadi dan kita luput dalam manipulated variable. Benahi dan perbaiki.

Konsep dari sistem kontrol ini menjadi pelajaran berharga buat kita, agar tidak terlalu mudah menjustifikasi dan menyalahkan, jangan buru-buru mengganti sistemnya, cek terlebih dahulu. Barangkali solusinya hanya dengan memperbaiki sistem tersebut.

Paling penting, tarbiyah madal hayah.

0 comments: