Monday, September 14, 2020

Keadilan Sosial


Kutipan dalam buku karya Mohammad Hatta, Islam Masjarakat Demokrasi dan Perdamaian (1957) 

Keadilan sosial belum tercapai, apabila dalam masyarakat masih terdapat pertentangan yang hebat antara kaya dan miskin, apabila kemakmuran belum merata keseluruh lapisan masyarakat. Manusia harus terlepas dari kesengsaraan hidup, dapat merasai freedom from want, barulah tercapai keadilan sosial. Sumber-sumber produksi di dalam negeri harus dikerahkan untuk mencapai kesejahteraan rakyat semuanya. 

Salah satu jalan untuk mencapai keadilan sosial ialah koperasi, yang mewujudkan kerjasama dengan dasar tolong-menolong. Organisasi-organisasi koperasi sesuai benar dengan cita-cita Islam, karena Islam meletakkan tanggung jawab pada individu untuk keselamatan masyarakat seluruhnya. 

Selanjutnya, untuk mencapai keadilan sosial menurut Islam, negara hendaklah merupakan suatu welfare state, yang menjamin kemakmuran bagi segala orang. Bukan kemakmuran jasmani saja, melainkan juga dan terutama kemakmuran rohani. Manusia akan tetap merasa miskin, apabila ia tidak dapat serta dalam pembangunan kultur. Kesejahteraan hidup baru tercapai, apabila ada perimbangan antara kemakmuran jasmani dan rohani. Perimbangan itu hanya tercapai, apabila seruan agama cukup berpengaruh dalam masyarakat. 


0 comments: